Pelatihan Pasca Panen Hasil Perikanan

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul melaksanakan kegiatan Pelatihan Pasca Panen Hasil Perikanan selama 2 hari pada Kamis-Jumat (21-22/09). Bertempat di Waroeng Omah Sawah, Timbulharjo, Sewon, Pelatihan diikuti oleh 25 orang peserta pelaku usaha perikanan di Kabupaten Bantul.


Pelatihan hari pertama dibuka oleh Kepala DKP dilanjutkan dengan penyampaian materi kebijakan kelautan dan perikanan di Kabupaten Bantul. Materi selanjutnya mengenai dasar-dasar pengolahan ikan dan GMP (Good Manufacturing Practice). Materi terakhir mengenai perizinan dan pemasaran bagi pelaku usaha perikanan mikro dan kecil disampaikan oleh praktisi pengolahan perikanan di Kabupaten Bantul.
Hari kedua Pelatihan diisi dengan praktik pembuatan olahan berbahan dasar ikan didampingi oleh praktisi pengolahan perikanan, antara lain kaki naga, otak otak ikan dan pangsit goreng. 


Diharapkan dengan adanya pelatihan ini dapat menambah inovasi olahan berbahan dasar dari ikan dan peserta dapat mengembangkan usaha pengolahan berdasarkan potensi komoditas di Kabupaten Bantul guna meningkatkan nilai jual produk perikanan. (dp)