Bimtek Penangkapan Ikan bagi Nelayan Bantul

Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penangkapan Ikan ini diselenggarakan olehDinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bantul selama 2 hari pada tanggal 13-14 Juli 2022. Bimtek diikuti oleh 35 nelayan kecil di Kabupaten Bantul, dengan kriteria sebagai berikut: (1) terdaftar/belum terdaftar di Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, (2) anggota/bukan anggota KUB, (3) nelayan muda/ABK PMT, (4) berasal dari Pantai Depok, Pantai Samas, Pantai Patihan, Pantai Kuwaru dan Pantai Baru. 

Acara dimulai dengan pembukaan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi Kebijakan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul oleh Kepala Bidang Perikanan Tangkap dan Budidaya DKP Kab. Bantul. Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi Penempatan Alat Penangkapan Ikan dan Alat Bantu Penangkapan Ikan di WPP-NRI dan Laut Lepas oleh Thifal Dwipurnadhani, S.Pi. acara dilanjutkan lagi dengan penyampaian materi Pengelolaan Sumber Daya Perikanan yang Berkelanjutan oleh Pambudi Wijayanto, ST. Hari kedua Bimtek diisi dengan materi Perakitan dan Perbaikan Alat Penangkapan Ikan sekaligus Praktik Perakitan dan Perbaikan Alat Penangkapan Ikan oleh Bapak Samsuji Rokhmad, salah satu nelayan handal di Kabupaten Bantul.

Bimtek Penangkapan Ikan merupakan salah satu upaya DKP Kab. Bantul dalam meningkatkan kapasitas nelayan kecil di Kabupaten Bantul terutama pada keterampilan nelayan kecil dalam membuat/setting dan merawat Alat Penangkapan Ikan. Selain itu, bimtek ini juga diselenggarakan dalam rangka meningkatkan pemahaman nelayan kecil di Kabupaten Bantul perihal jenis dan penempatan Alat Penangkapan Ikan yang diperbolehkan sesuai jalurnya berdasarkan peraturan yang berlaku. (dp)