FORKOPIMDA Kelautan dan Perikanan Se-DIY

Guna menunjang kelancaran pelaksanaan urusan kelautan dan perikanan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dilaksanakan kegiatan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang diinisiasi oleh Dinas Kelautan dan Perikanan DIY. Kegiatan ini diselenggarakan sejalan dengan amanat Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Forum yang dihadiri oleh seluruh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan seluruh kabupaten/ kota di DIY beserta jajarannya diselenggarakan di Puncak Saka, Tanjungharjo, Nanggulan, Kulon Progo pada tanggal 24 Mei 2022. 

Forum dibuka dengan ucapan selamat datang dan sambutan dari Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo. Beliau menyampaikan beberapa program kegiatan yang sedang berjalan, antara lain pembangunan pasar ikan di Kulon Progo, upgrading skill bagi nelayan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan DIY dalam sambutannya menyampaikan beberapa tugas yang saat ini diampu antara lain proses pembangunan Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Gesing di Desa Girikarto, Kabupaten Gunungkidul, dengan nilai kontrak Rp108,60 miliar dengan waktu pelaksanaan pekerjaan selama sembilan bulan dari akhir Maret sampai pertengahan Desember 2022. Selain itu, program yang terus digalakkan dan masih menjadi PR pemangku kelautan dan perikanan DIY yaitu perihal Tingkat Konsumsi Ikan di DIY yang masih sangat rendah.

Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul menyampaikan bahwa Bantul, melalui SE Bupati mengenai Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan yang harus diterapkan setiap hari Senin, menjadi bukti bahwa Bantul mendukung penuh tercapainya konsumsi ikan yang tinggi dan salah satu solusi untuk meningkatkan Tingkat Konsumsi Makan Ikan di DIY, khususnya di Kabupaten Bantul sendiri. (dp)