Meningkatkan Nilai Jual Produk Melalui Pelatihan Pasca Panen Perikanan

Bidang Pengolahan Pemasaran Hasil Perikanan dan Pengawasan (P2HPP) Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul melaksanakan kegiatan Pelatihan Pasca Panen Hasil Perikanan Tahun 2023 di Colo, Donotirto, Kretek Bantul. Kegiatan pelatihan dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada 26-27 Juli 2023 diikuti oleh ibu-ibu masyarakat di wilayah Colo, Donotirto, Kretek dengan jumlah peserta 20 orang.

 

Tujuan pelaksanaan pelatihan ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan masyarakat dalam bidang pengolahan dan pemasaran ikan. Dengan keterampilan ini, diharapkan masyarakat dapat melakukan kegiatan pengolahan secara mandiri guna meningkatkan nilai jual produknya. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengajak masyarakat agar lebih sering mengkonsumsi ikan untuk pemenuhan gizi keluarga. Seiring dengan hal tersebut, permasalahan kurangnya asupan gizi dalam keluarga yang mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak (stunting) dapat dihindari.

 

Pelatihan dibuka oleh Kepala Bidang P2HPP Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul sekaligus menyampaikan materi mengenai peran Pemerintah Kabupaten Bantul dan DKP Bantul dalam upaya peningkatan angka konsumsi ikan dan pengembangan pengolahan dan pemasaran hasil perikanan di Kab. Bantul. Salah satu upaya pengembangan ini yaitu dengan penumbuhan kelompok Pengolah dan Pemasar Ikan di Kabupaten Bantul. Materi dilanjutkan oleh Pambudi, M.Si., menyampaikan peran serta masyarakat guna pengembangan perikanan di Kabupaten Bantul. 

 

Materi teknis mengenai pengolahan dan pemasaran hasil perikanan disampaikan oleh praktisi pengolah ikan di Bantul, CV. Siluang Mina Nisa dan praktisi pemasar pengolah ikan, Farsyad Fadillah. Praktek pengolahan dengan diversifikasi produk olahan ikan yaitu hakau ikan, roll nori ikan dan lumpia ikan. Tak lupa disampaikan strategi pemasaran baik materi dan juga praktek memasarkan hasil olahannya. Moto yang selalu digalakkan, yaitu;

AYO MAKAN IKAN !!!

SEHAT KUAT CERDAS....YES YES YES

STUNTING .. NO..NO..NO...