Bantul Ikan Hias Fest 2022

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul bekerja sama dengan pengelola Desa Wisata Kadisoro Nyawiji Dadi Siji (Kajii) menggelar festival ikan hias tingkat nasional bertajuk “Kadisoro Aquatic Expo”. Event yang digelar mulai tanggal 23 sampai 28 Agustus 2022 ini bertujuan untuk mengangkat potensi kampung ikan hias Dusun Kadisoro, Desa Gilangharjo, Kapanewon Pandak, mengingat kemunculan desa ini dikarenakan masyarakatnya yang gemar menekuni budidaya ikan hias.
Kegiatan dalam rangka mengenalkan potensi desa wisata ini menjadi bentuk tanggungjawab pengelola wisata untuk selalu berprestasi, terlebih ketika sudah ditetapkan sebagai salah satu desa wisata terbaik kelima di DIY. Selain festival ikan hias, juga digelar pameran ikan hias, kontes guppy, stan kuliner dan aneka produk olahan lokal masyarakat setempat. 
Kontes Guppy digelar terbuka dengan kuota 500 tank. Kelas kontes meliputi kelas major berupa solid/albino solid, tuedo/albino tuxedo, pattern/albino pattern, halfmoon, koi, AOT dan female open. Pendaftaran bisa secara online dan offline. Best of show mendapatkan uang pembinaan Rp 1 juta, piala Bupati Bantul dan sertifikat. Juara 1 mendapatkan uang Rp 200 ribu, juara 2 Rp 150 ribu dan juara 3 mendapatkan Rp 100 ribu dengan masing masing juara mendapatkan piala dan sertifikat. Sedangkan untuk nominasi 4 dan 5 mendapatkan piala dan sertifikat. (dp)