Statistik Pengunjung

  • Pengunjung: 140562
  • Online: 1
  • Hari ini: 92

Pelatihan dan Studi Banding Operasional Tempat Pelelangan Ikan (TPI) DKP Bantul

BERITA – Rabu, 25 Jul 2012 08:16 WIB

Foto

Dalam rangka menyiapkan SDM pengelola TPI di Kabupaten Bantul pada saat Perda tentang Retribusi TPI diberlakukan, DKP Bantul melaksanakan kegiatan pelatihan operasional Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

Sebanyak 30 orang yang terdiri dari Petugas Unit Pelaksana Teknis (UPT) TPI, Pengurus TPI, dan 3 Penyuluh Perikanan Lapangan (PPL) di kemacatan pantai menjadi peserta dalam Pelatihan Operasional Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang diadakan di Pantai Depok, tepatnya di Warung Makan Bapak Kuseri.

Materi yang disampaiakan dalam pelatihan yang diselenggarakan 25 dan 26 Juni 2012 tersebut antara lain kebijakan dan program pembangunan kelautan dan perikanan tangkap di Kabupaten Bantul, mekanisme penanganan dan pelelangan TPI, Sanitasi dan higienitas TPI, teknis Operasional TPI di Sadeng, Gunungkidul, dan sistem pemasaran dan jaringan.

Disamping itu, tanggal 28 Juni 2012 sebagai tindak lanjut dari pelatihan, dilakukan studi banding di Rembang secara klasikal dan melihat bagaimana proses lelang dilakukan di TPI Tasik Agung dan TPI Tanjung Sari.

Dari kegiatan klasikal dan studi banding ini diharapkan akan didapat hal-hal baru yang bermanfaat yang bisa diterapkan di TPI sepanjang pantai yang ada di Kab bantul.