Berita

Penanaman Mangrove dalam Rangka HUT Ke-71 Armada RI

Kamis Legi, 22 Desember 2016 11:02 WIB 442

Terbitnya Keputusan Bupati No. 284 Tahun 2014 mengenai Pencadangan Kawasan Konservasi Taman Pesisir di Kabupaten Bantul, memposisikan kita untuk ikut berpartisipasi menjaga kawasan konservasi yang ada di Kabupaten Bantul. Penanganan dan pengelolaan kawasan konservasi mangrove ini harus dilakukan secara menyeluruh dengan dukungan semua kalangan terkait agar tujuan dari kegiatan konservasi berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Salah satu wujud nyatanya adalah dengan melakukan penanaman mangrove.

Maka dari itu, dalam rangka memperingati HUT Armada RI yang ke-71, Pangkalan Angkatan Laut Yogyakarta mengadakan kegiatan penanaman pohon mangrove pada Jumat (16/10). Kegiatan yang bertempat di Kawasan Konservasi Mangrove Baros, Desa Tirtohargo, Kretek, Bantul ini melibatkan beberapa stakeholder terkait di Kabupaten Bantul, antara lain KP2B, FKPPRS, SARLINMAS KORWIL IV Bantul, DANLAMAL DIY, KASATPOLAIRUD, DANRAMIL Kretek, Kepala Desa Tirtohargo dan DKP Bantul.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjalin koordinasi dalam upaya konservasi mangrove di pesisir Kabupaten Bantul bisa sampai pada tingkat dusun sehingga dapat tercapai keseragaman visi dan misi konservasi antara pemerintah dengan masyarakat. Dengan tercapainya keseragaman visi dan misi konservasi tersebut maka upaya-upaya konservasi yang dilakukan pemerintah di kawasan konservasi mangrove dapat dilaksanakan dengan baik, terpadu dan bekelanjutan.

Keberadaan mangrove sendiri memiliki fungsi penting sebagai penyerap polutan, pelindung pantai, meredam gelombang air laut dan menahan sedimen. Selain itu, mangrove juga berfungsi sebagai penahan rob, energi gelombang serta melindungi pantai dari hempasan badai dan angin, mangrove juga dapat mengurangi emisi karbon sebagai upaya penanggulangan dampak pemanasan global. (dp)