Berita

Semakin Bergairah, Titik Soeharto Serahkan Bantuan KKP untuk Pokdakan Bantul

Rabu Pon, 9 November 2016 14:52 WIB 1138

foto

Rabu (08/11), Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Siti Hediati Soeharto, S.E., mengunjungi Pokdakan Tunas Muda Peduli, yang beralamat di Garon, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Dengan mengusung tema “Sambung Rasa Makaryo Mbangun Desa Agribisnis Ikan Lele Sistem Bioflok dan Penyerahan Bantuan Sarana Prasarana Perikanan Budidaya Tahun 2016”, acara dibuka dengan Laporan Kegiatan Kelautan dan Perikanan dari Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Ir. Edy Machmud Hidayat. Dalam kunjungannya kali ini, perempuan yang akrab disapa Mbak Titik ini menyerahkan bantuan sarana prasarana dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Dirjen Budidaya, bagi beberapa Pokdakan (Kelompok Pembudidaya Ikan) yang ada di Bantul. Bansarpras yang diberikan berupa 5 paket bantuan sarana dan prasarana yang masing-masing bernilai 55 juta, 3 paket Gerakan Pakan Ikan Mandiri (Gerpari) yang masing-masing bernilai 20 juta dan satu paket bantuan percontohan budidaya lele sistem bioflok.

Budidaya ikan sistem bioflok adalah suatu sistem pemeliharaan ikan dengan cara menumbuhkan mikroorganisme yang berfungsi mengolah limbah budidaya itu sendiri menjadi gumpalan-gumpalan kecil (floc) yang bermanfaat sebagai makanan alami ikan. Pertumbuhan mikroorganisme dipacu dengan cara memberikan kultur bakteri non pathogen (probiotik) dan pemasangan aerator yang akan menyuplai oksigen sekaligus mengaduk air kolam.

Acara yang turut dihadiri Bupati Bantul, Drs. H. Suharsono dan Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya (BLUPPB) Karawang, Warih Hardanu ini diharapkan dapat memacu geliat kegiatan budidaya yang ada di wilayah Kabupaten Bantul. Dalam sambutannya, Suharsono mengatakan jika kegiatan budidaya perikanan merupakan salah satu penggerak ekonomi di wilayah Bantul dan hal ini merupakan perwujudan konsep Makaryo Mbangun Desa. Beliau berharap dengan semakin banyaknya kegiatan budidaya dapat meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian warga masyarakat Bantul. Warih menyampaikan bahwa kegiatan budidaya sistem bioflok merupakan program unggulan BLUPPB karena hasil yang didapatkan bisa jauh lebih baik bila dibandingkan dengan sistem pemeliharaan biasa yaitu bisa mencapai 5 kali lipatnya, walau dengan padat tebar yang lebih tinggi.

Mewakili Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Istriyani, S.Pi. MM., selaku Kepala Bidang Perikanan Budidaya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Titik Soeharto atas bantuan yang diberikan dan berharap kepada Pokdakan penerima bantuan agar bantuan yang sudah diterima dapat dimanfaatkan dengan baik dan dapat menjadi pemicu semangat untuk terus mengembangkan usaha budidayanya. (dp)