Berita

Mau Bikin Film tentang Konservasi Penyu, Siapa Takut?

Rabu Pon, 9 November 2016 12:51 WIB 956

Widia Iga dan Nugroho, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta mendatangi Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan untuk berguru tentang konservasi penyu di Kabupaten Bantul pada Rabu (9/11).

Dengan mengambil tema “Faunanesia”, mereka ingin mengangkat konservasi penyu di Kabupaten Bantul  sebagai topik film yang menarik untuk penyusunan tugas akhir mata kuliah Produksi Program Televisi.

Ditemui oleh Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Pesisir, Istiwasono, S.Pt, dua mahasiswa tersebut terlihat asyik melakukan wawancara terkait konservasi penyu di Kabupaten Bantul. Istiwasono dengan antusias mengungkapkan program/kegiatan serta pembinaan dan pendampingan yang sudah dilakukan oleh Kabupaten Bantul dalam mendukung upaya konservasi penyu di wilayah pesisir Kabupaten Bantul.

Saat ditanya mengapa mereka memilih topik tentang konservasi penyu di kabupaten Bantul,  Widia Iga menjawab bahwa penyu merupakan satwa langka yang harus dilestarikan karena saat ini banyak terjadi perdagangan ilegal baik itu daging maupun telur penyu. Dan mereka melihat bahwa Kabupaten Bantul, gencar melaksanakan kegiatan-kegiatan untuk mendukung konservasi penyu ini.

Selain melakukan wawancara dengan pihak Pemerintah Kabupaten Bantul, mereka juga sudah mewawancarai pelaku baik perseorangan maupun kelompok yang secara aktif melakukan konservasi penyu di Mancingan dan Samas. Widia dan Nugroho berharap semoga dengan produksi film tentang konservasi penyu ini dapat membuka kesadaran masyarakat untuk melestarikan penyu. (T)